Jumat, 15 April 2016

Social Media




Pengertian Media Sosial

Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia firtual.

Pertumbuhan media sosial
Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang sepeerti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan media sosial dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Pengguna media sosial dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai model content lainnya.

Peran dan fungsi media sosial
Media sosial merupakan alat promosi bisnis yang efektif karena dapat diakses oleh siapa saja, sehingga jaringan promosi bisa lebih luas. Media sosial menjadi bagian yang sangat diperlukan oleh pemasaran bagi banyak perusahaan dan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan dan client. Media sosial seperti Blog, Facebook, Twitter, dan Youtube memiliki ssejumlah manfaat bagi perusahaan dan lebih cepat dari media konvesional sepeert media cetak dan iklan TV, brosur dan selebaran.

Media sosial memiliki kelebihan dibandingkan dengan media konvensional, antara lain :

·         Kesederhanaan
Dalam sebuah produksi media konvensional dibutuhkan ketrampilan tingkat tinggi dan ketrampilan marketing unggul. Sedangkan media sosial sangat mudah di gunakan, bahkan untuk orang tanpa dasar TI pun dapat mengaksesnya, yang dibutuhkan hanyalah komputer dan jaringan internet.

·         Membangun hubungan
Sosial media menawarkan kesempatan tak tertandingi untuk berinteraksi dengan pelanggan dan membangun hubungan. Perusahaan mendapatkan semua feedback langsung, ide, pengujian dan mengelola layanan pelanggan dengan cepat. Tidak dengan media tradisional yang tidak dapat melakukan hal tersebut, media tradisional hanya melakukan komunikasi satu arah.

·         Jangkauan global
Media tradisional dapat menjangkau secara global tetapi tentu saja dengan biaya yang sangat mahal dan memakan waktu. Melalui media sosial, bisnis dapat mengkomunikasikan informasi dalam sekejap, terlepas dari lokasi geografis. Media sosial juga memungkinkan untuk menyesuaikan konten anda setiapsegmen pasar dan memberikan kesempatan bisnis untuk mengirimkan pesan ke lebih banyak penguna.

·         Terukur
Dengan sistem tracking yang mudah, pengiriman peasn dapat terukur, sehingga perusahaan langsung dapat mengetahui efektifitas promosi.tidak demikian dengan media konvensional yang membutuhkan waktu yang lama.

Fungsi media sosial
Ketika kita mendefinisikan media sosial sebagai sistem komunikasi maka kita harus mendefinisikan fungsi – fungsi terkait dengan sistem komunikasi, yaitu :

Administrasi
Pengorganisasian profil karyawan dalam perusahaan dalam jaringan sosial yang relevan dan relatif dimana posisi pasar anda sekarang. Pembentukan sebuah blog organisasi dan integritas konten dalam masyarakat yang relevan. Riset pasar untuk menentukan dimana pasar anda.

Mendengarkan dan belajar
Pembuatan sistem pemantauan untuk mendengarkan apa yang pasar anda inginkan, apa yang relevan dengan mereka.

Berfikir dan perencanaan
Dengan melihat tahap 1 dan 2, bagaimana anda tetap di depan pasar dan bagaimana anda berkomunikasi dengan pasar. Bagaimana teknologi sosial meningkatkat efisiensi operasiaonal hubungan pasar.

Pengukuran
Menetapkan langkah – langkah efektif sangat penting untuk mengukur apakah metode yang digunakan, isi dibuat dan alat yang anda gunakan efektif dalam meningkatkan posisi dan hubungan pasar.

0 komentar:

Posting Komentar