Pengertian Media Sosial
Media sosial adalah sebuah media online, dengan para
penggunanya bisa berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog,
jejaring sosial, wiki, forum dan dunia firtual.
Pertumbuhan media sosial
Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua
orang sepeerti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media
tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan
tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang pengguna media
sosial bisa mengakses menggunakan media sosial dengan jaringan internet bahkan
yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan
dilakukan sendiri tanpa karyawan. Pengguna media sosial dengan bebas bisa
mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan
berbagai model content lainnya.
Peran dan fungsi media sosial
Media sosial merupakan alat promosi bisnis yang efektif
karena dapat diakses oleh siapa saja, sehingga jaringan promosi bisa lebih
luas. Media sosial menjadi bagian yang sangat diperlukan oleh pemasaran bagi
banyak perusahaan dan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjangkau
pelanggan dan client. Media sosial seperti Blog, Facebook, Twitter, dan Youtube
memiliki ssejumlah manfaat bagi perusahaan dan lebih cepat dari media
konvesional sepeert media cetak dan iklan TV, brosur dan selebaran.
Media sosial memiliki kelebihan dibandingkan dengan media
konvensional, antara lain :
·
Kesederhanaan
Dalam sebuah produksi media konvensional
dibutuhkan ketrampilan tingkat tinggi dan ketrampilan marketing unggul.
Sedangkan media sosial sangat mudah di gunakan, bahkan untuk orang tanpa dasar
TI pun dapat mengaksesnya, yang dibutuhkan hanyalah komputer dan jaringan
internet.
·
Membangun hubungan
Sosial media menawarkan kesempatan tak
tertandingi untuk berinteraksi dengan pelanggan dan membangun hubungan.
Perusahaan mendapatkan semua feedback langsung, ide, pengujian dan mengelola
layanan pelanggan dengan cepat. Tidak dengan media tradisional yang tidak dapat
melakukan hal tersebut, media tradisional hanya melakukan komunikasi satu arah.
·
Jangkauan global
Media tradisional dapat menjangkau secara
global tetapi tentu saja dengan biaya yang sangat mahal dan memakan waktu.
Melalui media sosial, bisnis dapat mengkomunikasikan informasi dalam sekejap,
terlepas dari lokasi geografis. Media sosial juga memungkinkan untuk
menyesuaikan konten anda setiapsegmen pasar dan memberikan kesempatan bisnis
untuk mengirimkan pesan ke lebih banyak penguna.
·
Terukur
Dengan sistem tracking yang mudah, pengiriman
peasn dapat terukur, sehingga perusahaan langsung dapat mengetahui efektifitas
promosi.tidak demikian dengan media konvensional yang membutuhkan waktu yang
lama.
Fungsi media sosial
Ketika kita mendefinisikan media sosial sebagai sistem
komunikasi maka kita harus mendefinisikan fungsi – fungsi terkait dengan sistem
komunikasi, yaitu :
Administrasi
Pengorganisasian profil karyawan dalam
perusahaan dalam jaringan sosial yang relevan dan relatif dimana posisi pasar
anda sekarang. Pembentukan sebuah blog organisasi dan integritas konten dalam
masyarakat yang relevan. Riset pasar untuk menentukan dimana pasar anda.
Mendengarkan dan belajar
Pembuatan sistem pemantauan untuk
mendengarkan apa yang pasar anda inginkan, apa yang relevan dengan mereka.
Berfikir dan perencanaan
Dengan melihat tahap 1 dan 2, bagaimana
anda tetap di depan pasar dan bagaimana anda berkomunikasi dengan pasar.
Bagaimana teknologi sosial meningkatkat efisiensi operasiaonal hubungan pasar.
Pengukuran
Menetapkan langkah – langkah efektif sangat
penting untuk mengukur apakah metode yang digunakan, isi dibuat dan alat yang
anda gunakan efektif dalam meningkatkan posisi dan hubungan pasar.
0 komentar:
Posting Komentar